Jam Kerja : Senin - Jumat | 8.00 - 17.00 

Grundfos Authorized Dealer & Service Partner   |

Berita

Kenali Kami Melalui Informasi Terbaik

Informasi

Suntory Beverage & Food GB&I Menemukan Penghematan Energi sebesar 40-60% dalam Retrofit Sistem Pompa

Pabrik tunggal di Inggris yang memproduksi minuman Ribena dan Lucozade tengah menghadapi sejumlah kendala terkait sistem pompanya yang masih dikendalikan secara manual. Untuk meningkatkan efisiensi energi, mereka mengambil langkah proaktif dengan memasang sistem pompa elektronik Grundfos. Manajer Energi dan Keberlanjutan perusahaan, Daniel Gray, menjelaskan bahwa masalah pertama kali terdeteksi melalui penurunan tekanan air dan kualitas produk yang menurun. Dengan memperbarui sistem pompanya, tidak hanya kontrol dan keandalannya meningkat, tapi juga berhasil menghemat energi antara 40-60% di setiap implementasinya. Langkah ini sesuai dengan upaya perusahaan untuk mencapai target globalnya, yakni mencapai emisi nol bersih di seluruh rantai nilai pada tahun 2050. Temukan lebih banyak informasi dengan membaca cerita lengkap dan menonton filmnya.

Situasi

Pabrik Suntory Beverage & Food GB&I, yang merupakan satu-satunya pabrik mereka yang berlokasi di Inggris, sedang mengemban sebuah misi besar. Sebagai produsen beberapa minuman ringan paling ikonik di Inggris, seperti Ribena dan Lucozade, perusahaan telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon mereka sebesar 50% pada tahun 2030, dengan tujuan akhir mencapai net zero pada tahun 2050. Mereka akan menggunakan data dasar dari tahun 2015 sebagai acuan untuk pencapaian ini.

Sebagai perusahaan yang mengabdi pada visi menciptakan keseimbangan harmonis antara manusia dan alam, Suntory Beverage & Food GB&I bertekad untuk menjadi pelindung lingkungan bagi generasi mendatang. Melalui upaya berkelanjutan, perusahaan berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dan penggunaan air. Selain itu, mereka juga berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengganti plastik berbahan bakar fosil dengan plastik daur ulang, serta mengalihkan logistik dan armada kendaraan komersial mereka ke solusi yang lebih ramah lingkungan dengan emisi karbon yang lebih rendah.

Seiring dengan komitmen terhadap keberlanjutan, pabrik ini juga menghadapi sejumlah masalah dengan sistem pompanya yang sudah tua: kerusakan yang sering terjadi, kinerja yang kurang memuaskan, serta ketidakseimbangan dalam sistem. Daniel Gray, Manajer Energi dan Keberlanjutan perusahaan, menyadari bahwa pompa-pompa ini mengalami pemborosan energi. Upaya retrofit pada sistem pompa tidak hanya akan meningkatkan efisiensi proses di pabrik, tetapi juga berpotensi untuk mengurangi sebagian besar emisi CO2.

“Operasi pompa saat ini dilakukan secara manual, dan kehandalannya menjadi perhatian utama,” ungkap Daniel Gray. “Setiap kali ada masalah yang muncul di lokasi, kami menerima laporan dari tim produksi yang menginformasikan penurunan tekanan air atau penurunan kualitasnya. Kami menyadari bahwa pendekatan kami cenderung bersifat reaktif daripada proaktif dalam menangani masalah tersebut.”

Departemen Gray menghubungi Grundfos untuk melakukan pemantauan peralatan, mengevaluasi efisiensi, dan meminta saran solusi. “Sebagai pabrik, kami selalu berupaya untuk terus berkembang dan meningkat,” jelasnya. “Kami sangat bersemangat untuk mengejar bahkan peningkatan sekecil apa pun, bahkan jika hanya 1%. Namun, yang terpenting bagi kami adalah menjaga keandalan dan ketersediaan semua peralatan dan infrastruktur utilitas kami. Hal ini memastikan bahwa utilitas kami selalu siap merespons permintaan ketika pabrik mencapai kapasitas puncaknya. Namun, kami menyadari bahwa masih ada kekurangan dalam hal ini.”

Manajemen pabrik telah menyetujui kolaborasi dengan Grundfos untuk melakukan uji coba retrofit sistem pompa pada empat aplikasi kunci: penyediaan air kota, pengolahan air, sirkulasi air dingin primer, dan operasi sistem pompa dingin sentral. Keempat aplikasi ini merupakan inti dari infrastruktur utilitas di lokasi pabrik tersebut.

Suntory Beverage & Food GB&I’s production facility in Coleford, UK, at the Forest of Dean.

Solusi

Grundfos telah mengusulkan penggunaan pompa elektronik yang sangat efisien dan terkontrol secara digital. Pompa-pompa ini dilengkapi dengan penggerak kecepatan variabel bawaan yang berfungsi sesuai permintaan dengan kontrol tekanan dan suhu, sehingga pompa hanya beroperasi saat dibutuhkan oleh sistem. Selain itu, dengan menggunakan konektivitas cloud digital Grundfos iSOLUTIONS, semua pompa akan terhubung secara digital, membuka peluang besar untuk penghematan energi dan reduksi emisi karbon yang dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

“Jadi, dalam instalasi air olahan kami sebelumnya, kami memiliki empat pompa berkekuatan 37 kilowatt dan satu pompa cadangan. Selama puncak produksi, keempatnya harus beroperasi karena kontrol tekanannya sangat mendasar,” ungkap Daniel Gray. “Namun, sekarang kami telah beralih ke solusi Grundfos dengan pengontrol dan pompa berkekuatan 22 kilowatt, yang ditingkatkan hingga mencapai titik efisiensi terbaik. Secara umum, saat ini kami tidak pernah melihat lebih dari 24 kilowatt digunakan pada saat tertentu. Dengan demikian, daripada menggunakan total 120 kilowatt seperti sebelumnya, sekarang kami hanya menggunakan 24 kilowatt saja. Ini merupakan penghematan yang belum pernah kami alami sebelumnya, dan telah menyederhanakan kehidupan bagi semua orang.”

Untuk Aplikasi Central Chilled Lucozade, digunakan serangkaian 14 sistem pompa ganda Grundfos NBE dengan motor IE5 premium berkekuatan 11 kW yang sangat efisien. Sistem ini dioperasikan dengan kontrol tekanan konstan.

Hasil

Dia menyatakan bahwa pabriknya sangat berhati-hati dalam mengelola proyek pertama mereka dengan Grundfos, dengan tidak mengurangi ukuran pompa sebanyak yang direkomendasikan oleh Grundfos pada awalnya. “Namun, seiring berjalannya proyek, kami sepenuhnya mengikuti saran dari Grundfos,” jelasnya. “Dalam situasi pasar saat ini, di mana harga energi dapat berfluktuasi naik dan turun, kami tidak melihat hasil yang diinginkan. Namun, beberapa proyek telah berhasil mencapai pengurangan energi sebesar 40 hingga 60%, tergantung pada tingkat konsumsi energi. Biasanya, fasilitas manufaktur akan puas dengan pengurangan energi sebesar 30 hingga 40%. Jika kami menawarkan pengurangan energi sebesar 40 hingga 60% untuk setiap proyek, maka semua proyek akan disetujui dengan cepat sesuai rekomendasi. Kami belum pernah memiliki proyek yang pengembaliannya memakan waktu lebih dari dua tahun sejauh ini.”

Salah satu manfaat lainnya adalah kemampuan untuk memantau sistem pompa dari jarak jauh, dengan tambahan bahwa pompa yang lebih kecil lebih mudah ditangani dan lebih tenang. “Anda tidak perlu lagi menggunakan pelindung telinga di area tersebut. Sekarang lingkungan kerja menjadi lebih aman,” jelasnya.

Secara keseluruhan, proyek retrofit pertama telah menunjukkan kepada perusahaan potensi keberlanjutan dari penggunaan pompa elektronik Grundfos. Daniel Gray memperkirakan bahwa lima atau enam proyek Grundfos telah menghasilkan pengurangan emisi pabrik secara keseluruhan sebesar 4%.

“Keberlanjutan merupakan bagian integral dari bisnis kami dan telah tertanam kuat dalam budaya perusahaan sejak awal berdirinya. Hal ini menjadi pertimbangan penting dalam setiap keputusan yang kami ambil,” ungkap Daniel Gray. Dia menambahkan bahwa ini juga sejalan dengan visi perusahaan, yaitu Tumbuh untuk Kebaikan, yang didasarkan pada keyakinan bahwa “semakin besar perusahaan, semakin besar pula dampak positifnya.”

Pompa Grundfos NBE untuk sistem air dingin Suntory Beverage & Food.

Dia menyatakan, “Masa depan menjanjikan penghematan yang tak terbatas, terutama ketika melibatkan beberapa peralatan besar lainnya yang kami miliki di lokasi. Kami menyadari bahwa kami baru saja memulai perjalanan ini. Kami sedang mencari proyek untuk tahun depan yang akan kami uji dan terapkan tahun ini karena potensinya sangat menarik – jika tidak, kami akan kehilangan kesempatan untuk satu tahun. Oleh karena itu, kami harus memanfaatkan kesempatan ini selagi masih ada.”

The treated water facility at Suntory Beverage & Food’s GB&I factory
Informasi

Grundfos SP18/SPE18

Pompa SP 6″ Generasi Baru

Biaya Siklus Rendah
Pompa Grundfos SP generasi baru dilengkapi dengan hydraulik baru dan ditingkatkan untuk mencapai efisiensi energi kelas dunia dan memungkinkan penghematan energi yang signifikan. Dikombinasikan dengan desain yang kokoh dan andal, pompa ini menawarkan masa pakai produk yang bebas masalah dan lama dengan biaya perawatan minimal.

Sistem Pompa yang Andal untuk Aplikasi apa pun
Grundfos SP adalah rangkaian pompa submersible baja tahan karat yang dirancang untuk menyediakan pasokan air berkualitas tinggi. Dikombinasikan dengan teknologi motor tercanggih dan sistem manajemen jarak jauh, Grundfos SP dapat memberi Anda sistem pompa submersible lengkap untuk hampir semua aplikasi.

Operasi Masa Depan dengan Sistem SPE
Grundfos SPE menggabungkan pompa SP dengan motor magnet permanen untuk mencapai efisiensi setinggi mungkin. Dengan desain rotor kalengan, peningkatan suhu (60 °C) dan lapisan rotor baja tahan karat yang melindungi magnet dari korosi, motor ini menawarkan efisiensi dan keandalan tinggi untuk berbagai aplikasi. Sistem SPE adalah pilihan sempurna untuk memastikan operasi Anda di masa depan dan mengoptimalkan pengeluaran bahkan ketika permintaan Anda bervariasi.

Teknologi terkini kami menawarkan efisiensi yang tak tertandingi, memastikan sistem pompa bebas masalah untuk berbagai aplikasi. Sambutlah kemudahan perawatan pompa dengan menggunakan pompa submersible Grundfos SP dan SPE yang andal. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan video kami yang menunjukkan bagaimana Grundfos dapat merevolusi pasokan air Anda!

Informasi

Sistem Pemompaan Terdistribusi di Mall Ciputra World Menandai Perubahan Paradigma Sistem Pendingin

Ciputra World Surabaya resmi dibuka pada 22 Juli 2011 terletak di Superblok paling bergengsi di Gerbang Barat Surabaya, Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 9 hektar di Kawasan Pusat Bisnis (CBD), dan dikembangkan oleh salah satu pakar properti, Dr. Hc. Ir. Ciputra.

Ciputra World Surabaya mengangkat surabaya menjadi kota yang lebih modern dan bertaraf internasional, serta merupakan lifestyle hub yang menampilkan brand internasional untuk pertama kalinya di Surabaya. Menghadirkan surga tertinggi untuk belanja, hiburan, makan, dan rekreasi kelas atas.

Proyek HVAC ini merupakan bagian dari tahap ketiga pengembangan Ciputra World Surabaya dalam perluasan mall. Ini adalah kerjasama strategis antara divisi Grundfos Indonesia Commercial Building Services (GTI CBS) dan Dealer resmi Provinsi Jawa Timur, Indonesia, PT. Parfima mekadaya.

Situasi

Berdasarkan desain awal, sistem pompa konvensional menggunakan 4 unit 90KW Pompa Chiller. Pihak management Ciputra World Surabaya mencoba menjajaki kemungkinan penggunaan kembali konsumsi energi menggunakan chiller modern dan hemat energi (State of the art of Chiller Plants).

Solusi

GTI CBS team memperkenalkan sistem pemmopaan terdistibusi ke Ciputra world Surabaya, dimana konsep ini selaras dengan kebutuhan pendinginan gedung dan target penghematan Energi Chiller, mencapai penghematan energi lebih dari 50% dari pompa air dingin utama (4×30 KW) dari desain konsultan sebelumnya (4×90 KW).

Sistem perpompaan terdistribusi Grundfos terdiri total 51 unit pompa di Mall Ciputra. 4 unit terinstal sebagai Primary Chiller, 45 unit Secondary Pump di AHU, dan 2 unit Secondary Pump di FCU. Secondary Pump ini terinstal terdiri atas 24 unit pompa magna 3 dan 23 unit pompa TPE.

Hasil

Tidak seperti sistem konvensional, yang biasanya beroperasi pada kisaran 0,02-0,025 KW/RT, sistem pemompaan terdistribusi Grundfos beroperasi antara 0,015-0,018 KW/RT, menunjukkan efisiensi sistem yang tinggi.

Chistian, Direktur of PT. Dinami Perkasa Indonesia sebagai main contraktor berkata “Kami sangat senang dengan terselesaikannya Proyek Ciputra World Surabaya tahap 3 yang didukung oleh tim Grundfos yang profesional baik dari aspek engineering maupun teknis di lapangan bisa menjadi referensi kerja di project dimasa depan. Pompa magna 3 dan TPE memang sangat cocok digunakan di system HVAC karena sangat mudah dioperasikan dan menghemat energi“.

Irwan suparman, Direktur PT. Parfima Mekadaya berkata ”Proyek Ciputra World tahap 3 yang sedang kami kerjakan, proyek Mall pertama di Indonesia yang sistem pendinginnya menggunakan sistem pompa distribusi Grundfos, dengan menggunakan sistem ini, kami memastikan bahwa suhu di dalam gedung relatif konstan, dan sesuai dengan peraturan pemerintah , dan yang paling penting membantu pemilik untuk menghemat energi”.

Penambahan mall, secara resmi dibuka pada 30 Maret 2021, mengakomodasi beberapa konsep baru pakaian retail, restoran dan beberapa fitur baru seperti taman outdoor, parkiran mobil outdoor, skylight garden dengan titik fokus di tempat makan yang berada di lantai 3, juga tempat makan tematik baru yang menghadirkan area tempat duduk alfresco. Pemompaan terdistribusi menandai perubahan paradigma dalam sistem pendingin menuju era baru pemompaan terdesentralisasi. Prinsip pemompaan baru siap memenuhi tuntutan peningkatan kenyamanan dan efisiensi gedung ke tingkat yang lebih tinggi seperti yang dinikmati setiap pengunjung Mall Ciputra.

1 2 3 4

Privacy Settings
We use cookies to enhance your experience while using our website. If you are using our Services via a browser you can restrict, block or remove cookies through your web browser settings. We also use content and scripts from third parties that may use tracking technologies. You can selectively provide your consent below to allow such third party embeds. For complete information about the cookies we use, data we collect and how we process them, please check our Privacy Policy
Youtube
Consent to display content from Youtube
Vimeo
Consent to display content from Vimeo
Google Maps
Consent to display content from Google
Spotify
Consent to display content from Spotify
Sound Cloud
Consent to display content from Sound
Cart Overview